Panduan Aplikasi E-Rapor SD terbaru untuk Admin OPS (Operator Sekolah)

E-RaporSD - Selamat datang di eraporSD, kali ini admin akan menjelaskan mengenai Panduan Aplikasi E-Rapor SD terbaru. Namun, sebelum anda membaca mengenai panduan eraporSD tidak ada salahnya membaca lagi mengenai apa itu e-rapor?

e-rapor adalah sebuah sistem rapor online. Aplikasi E-Raport yang telah diluncurkan oleh Kemendikbud baik untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK telah berlangsung kurang lebih 3 tahun. Guru disibukkan dengan tugasnya sebagai pendidik, dimana guru dalam fungsi tugasnya Merencanakan, Mengajar, Mendidik dan Melakukan Evaluasi atau Penilaian terhadap peserta didik di setiap akhir semester.

Kalau selama ini penilaian dilakukan secara manual yaitu guru menuliskan Raport dengan menggunakan tinta pulpen, setelah diluncurkan E-Raport maka penilaian Raport di lakukan dengan digital dimana guru harus merencanakan penilaian dan melakukan penilaian secara semi online.

Kenapa dikatakan semi online? Karena penilaian tdk serta merta langsung dikirim ke server kemendikbud, melainkan disimpan sementara di server sekolah. Setelah stake holder yang berkompeten untuk mengisikan penilaian(Guru Mata Pelajaran dan Wali Kelas) baru nanti nilai akan dikirimkan ke Server Kemendikbud.

Penggunaan E-Rapor pada K13 membuat Guru harus ekstra mengisi raport dan berkutat dengan bantuan komputer atau pun laptop. Bahkan guru secara bersama mengerjakan E-Rapor di Lab Komputer Sekolah.

Sebelum meng-entri data E-Raport guru harus mempersiapkan data yang akan di entry untuk setiap KD (Kompetensi Dasar). Secara sekilas mudah atau gampang, tetapi kenyataan dilapangan bahwa guru harus mengisikan nilai pada KD-KD tersebut.

Ok, itulah gambaran mengenai e-rapor, Silahkan Bapak/Ibu pahami manual e-rapor terbaru sehingga diharapkan memudahkan pekerjaan dalam pengerjaan aplikasi erapor ini, kali ini mimin akan bahas secara khusus untuk panduan eraporSD.

Panduan E-raporSD
Sebelum anda menginstal aplikasi e-rapor SD alangkah baiknya Bapak/Ibu memahami apa sih kebutuhan minimal system untuk penginstalan aplikasi e-raporSD.

Berikut SYARAT BERJALANNYA SISTEM
A. Instalasi Aplikasi
1. Syarat Teknis Server
Untuk mendukung instalasi e-Rapor SD versi 1.0 diperlukan server atau komputer yang
difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
a. Prosesor setara dual core.
b. OS windows XP/7/ 8/ 10, (32/64 bit) disarankan windows 7 ke atas atau win server 2012.
c. RAM minimal 2 GB, disarankan 4 GB.
d. Ruang kosong pada drive C minimal 500 MB.

1. Langkah Persiapan
Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
a. Server atau computer yang difungsikan sebagai server harus terinstal aplikasi Dapodik versi
2020 terbaru
b. Non aktifkan windows firewall.
c. Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer.


ALUR PROSES DATA E-RAPOR
Panduan Aplikasi E-Rapor SD terbaru


INSTALL APLIKASI E-RAPOR SD
Saat ini aplikasi eRapor SD yang dikeluarkan adalah Versi 1.0

Untuk menjalankan Aplikasi tersebut, silahkan lakukan instalasi dengan cara sebagai
berikut :
1. Download Aplikasi eRapor SD V.1.0
2. Instaler Aplikasi versi 1.0 dapat didownload di laman web erapor Dit. PSD
(.....................................................)
3. Siapkan Komputer yang difungsikan sebagai server yang sudah terinstall dapodik
4. Non aktifkan windows firewall pada computer.
5. Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer.
6. Lakukan instalasi aplikasi erapor sesuai langkah dibawah ini.
7. Selama proses instalasi, tutup semua aplikasi lainnya.


INSTALASI E-RAPOR SD V.1.0
Aplikasi dapat di download di : ...................................
Aplikasi diinstall dengan hak administrator ( run as administrator)

 Pastikan Anda Telah menginstall eRapor SD V.1.0


KONFIGURASI JARINGAN E-RAPOR

AKSES ALPIKASI VIA JARINGAN
Untuk Mengakses aplikasi erapor via jaringan maka :
1. Pastikan bahwa aplikasi erapor telah terinstall di computer server
2. Matikan Firewall pada computer server, dan setting IP server menggunakan IP Static
3. Pastikan anda memiliki jaringan LAN, dimana computer client dapat terhubung dengan computer server.
4. Tes koneksi computer client ke computer server, pastikan telah berjalan baik Untuk proses membangun jaringan LAN, silahkan konsultasikan dengan Tim TIK atau dapat mencari tutorial melalui internet.
5. Dalam koneksi ke computer server tidak mesti harus konek internet
6. Buka browser pada computer client, kemudian pada URL ketikkan IP server disertai dengan port erapor. Misalnya, bila IP Komputer server adalah 192.168.1.254, maka pada url client adalah :
http://192.168.1.254:2689 atau dapat pula diakses menggunakan URL http://192.168.1.254:3689


ALUR KERJA APLIKASI E-RAPOR ( OLEH ADMIN)
Login sebagai Admin kemudian lakukan hal hal berikut:
1. Ambil data-data dari Dapodik.
2. Generate data user melalui menu Data User.
3. Ubah Password Admin.
4. Tambah Admin (Jika diperlukan) melalui menu Data Administrator – tambah Administrator
5. Ringkas Nama Mata Pelajaran
6. Mapping Mapel Rapor.
7. Input KKM Mata Pelajaran
8. Input Tanggal Rapor
9. Mencetak Leger, Rapor setelah semua nilai lengkap dikirim oleh guru mapel dan wali kelas.
10. Sinkron Nilai ke Dapodik.

11. Backup Data e-Rapor

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN)
1. Akses localhost:2689 atau buka aplikasi melalui shortcut aplikasi di deskstop
2. Aplikasi ini dapat pula diakses menggunakan akses localhost:3689
3. Untuk akses via jaringan, silahkan akses IP server misalnya http://192.168.1.254:2689 atau http://192.168.1.254:3689 ( jika IP server 192.168.1.254), pastikan bahwa firewall server dinonaktifkan dan jaringan LAN berjalan normal.
4. Buka aplikasi dengan user: admin , password: admin123456 , level : admin , semester: 2019/2020 ganjil


PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : MENGAMBIL DATA DAPODIK
Ambil data dari Dapodik dengan cara pilih menu “Ambil Data Dapodik” Pastikan bahwa semua
data dapodik sudah benar, serta lakukan sinkron/pengambilan data dapodik pada halaman ini setiap kali melakukan perbaikan data dapodik. Hal ini diperlukan agar data referensi di e-Rapor selalu sama dengan data yang dikirim ke Dapodik.

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : UBAH PASSWORD DAN MENAMBAH ADMIN
Administrator dapat menambah maupun menghapus admin. Silahkan lakukan ubah password, dan simpan password baik-baik, karena jika lupa password dan salah login aplikasi, maka iduser akan
diblok dan tidak dapat direset kembali


PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : MEMBUAT DATA USER
Generalisasi User. Generalisasi data user perlu dilakukan untuk memberikan akses kepada guru mapel, wali kelas, guru BK dan peserta didik ke aplikasi e-Rapor SD V.1.0 Klik Menu Data User
kemudian Klik Generate Data User . Maka akan di generate user dengan password default 123456

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : MEMBUAT DATA USER
Generate User
Secara default :
Untuk Guru Mapel yang ber NIP.

Username : NIP Guru
 Password : 123456
Untuk guru yang belum ber NIP.

Username : Nama Guru (nama guru tanpa spasi dan karakter khusus huruf

kecil semua, maksimal 18 karakter)

Password : 123456

Untuk Wali Kelas.

Username : Nama Rombel – Kode Semester (huruf kecil semua, tanpa spasi)
(Contoh : xmipa120161)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang telah ber NIP.

Username : BKNIPGuru (Misal: bk196807171991031008)
Password : 123456
Untuk Guru BK yang belum ber NIP.

Username : BKNAMA (missal : bkrahmadnisupanji)
Password : 123456

Untuk Peserta Didik.

Username : NISN (missal :00234676)
Password : 123456

HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK

HASIL PENGAMBILAN DATA DARI DAPODIK
Hasil Pengambilan Data Anggota Rombel.
Catatan :
Jika setelah data diambil oleh erapor, dan di Dapodik dilakukan penghapusan/pindah rombel, maka data Riwayat anggota Rombel tetap ada dierapor, untuk menghilangkan/menghapus data anggota rombel yang salah, dapat dihapus dengan menggunakan tombol Hapus pada halaman ini

Hasil Pengambilan Data Pembelajaran.
Catatan :
Jika setelah data diambil oleh erapor, dan di Dapodik dilakukan penghapusan data pembelajaran, maka data Riwayat pembelajaran tetap ada dierapor, untuk menghilangkan/menghapus data pembelajaran yang salah, dapat dihapus dengan menggunakan tombol Hapus pada halaman ini

Hasil Pengambilan Data Ekstrakurikuler.
Catatan :
Data ekstra akan terambil apabila pengimputan data ekstra di dapodik telah lengkap dan sesuai prosedur.
- Pastikan telah mengisi Kelas Ekstra kurikuler pada tab Rombel-Ekskul beserta anggota rombel (Dapodik)
- Pastikan telah menginput kelengkapan data ekstrakurikuler pada Tab Sekolah – Eskstrakurikuler (Dapodik)

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : RINGKAS NAMA MATA PELAJARAN
Ringkas Nama Mapel. Untuk keperluan tertentu (Header Leger dan Grafik Nilai) maka perlu dibuat Ringkasan nama Mata Pelajaran dengan langkah sebagai berikut :
1. Klik Referensi Dapodik > Data Mata Pelajaran
2. Klik Edit pada maple yang akan diedit
3. Isi Ringkasan Mapel (Maksimal 10 karakter)
4. Klik Simpan

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : DATA KKM DAN PREDIKAT
Mapping Mata Pelajaran Pilih menu “ Data Referensi Lokal >>Mapping Mapel K2013 atau Mapping
Mapel K2006”, Pada jendela Mapping Mapel, Pilih Kurikulum, Isikan Nama mapel pada Rapor, kelompok Mapel dan nomor Urut Mapel tersebut pada Rapor, selanjutnya klik tombol simpan
PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : DATA KKM DAN PREDIKAT
Menambah KKM Mata Pelajaran Pilih menu “ Data Referensi Lokal >>Data KKM Mata Pelajaran”,
KKM ditentukan untuk setiap Mata Pelajaran Per Tingkat Kelas Per Jurusan/ Program

Untuk Interval Predikat, otomatis akan dibuat dengan batas-batas interval mengikuti juknis penilaian yaitu : (100-KKM) /3
PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : DATA KKM DAN PREDIKAT
KKM juga dapat di import dengan mengisi format import yang bisa di download di menu impot KKM mata pelajaran.
Langkahnya :
1. Download format import KKM.
2. Isikan data KKM per mapel per Tingkat per Peminatan, kemudian simpan dlm format xls 97-2003
3. Import KKM dengan mengupload KKM melalui menu import KKM, kemudian simpan

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : INPUT BOBOT PENILAIAN
Bobot Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir semester (PAS)
Ditentukan oleh sekolah dan diinput oleh guru per mata peajaran per tingkat.

PERSIAPAN DATA ( OLEH ADMIN) : REFERENSI BUTIR SIKAP
Sikap sosial dan spiritual dinilai oleh semua guru mapel.
Butir Sikap Sosial dan Spiritual dikembangkan berdasarkan indicator KI 1 dan KI2.
Langkah Penambahan butir sikap yang menjadi fokus penilaian oleh guru mapel (selain agana dan PPKn) adalah :
MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN)
Fitur ini dapat digunakan bila Guru dan Walikelas sudah melakukan proses input nilai dan pengiriman nilai Rapor
MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN)

MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : INPUT TANGGAL RAPOR & CETAK RAPOR
MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : CETAK LEGER


MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : SINKRON/KIRIM NILAI KE DAPODIK

MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : CEK DATA NILAI DAPODIK
MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : BACKUP DATA ERAPOR
Backup Data
Backup data dimaksudkan untuk menyimpan data cadangan dalam rangka mengantisipasi kehilangan
data akibat satu dan lain hal. File backup erapor akan tersimpan secara otomatis di dalam folder :
C:\backup_restore_erapor\backup dengan nama “BC_eraporSD_.......wdp”.
Selanjutnya kopikan file tersebut di tempat lain misal drive D atau tempat penyimpanan eksternal
lainnya

MANAJEMEN DATA ( OLEH ADMIN) : BACKUP DATA ERAPOR
Restore Data
Restore data dimaksudkan untuk mengembalikan data pada kondisi yang sama dengan saat backup data dilakukan.

Demikian Panduan Aplikasi E-Rapor SD terbaru untuk Admin OPS (Operator Sekolah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel