E-Raporsd : Seputar Hari Guru Nasional Tahun 2018 Dari Kemdikbud


Peran guru dalam perjalanan bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada akseptor didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi cowok pembela tanah air dan pembina jiwa serta semngat para cowok pelajar. Sebagai penghormatan kepada guru, pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, tetapkan tanggal 25 November selain sebagai HUT PGRI juga sebagai Hari guru Nasional.  Dengan tujuan meningkatkan kiprah strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, keterampilan dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan, meneladani semangat dan pengabdian guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat, serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan kiprah strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun abjad bangsa.
Tema Hari guru Nasional tahun 2018 yaitu “Meningkatkan Profesionalisme guru Menuju Pendidikan Abad XXI”. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di masa XXI semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut perilaku mental dan akad para guru untuk selalu meningkatkan kualitas biar mempunyai kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Walaupun teknologi gosip berkembang pesat dan sumber berguru begitu gampang diperoleh, kiprah guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan oleh kemajuan teknologi tersebut. 
Tugas guru yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi setiap akseptor didik. Ada 3 ciri guru profesional yang harus dimiliki oelh para guru. Pertama, guru profesioanl yaitu guru yang telah memenuhi kompetensi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, seorang guru profesional hendaknya bisa membangun kesejawatan. Ketiga, seorang guru profesional hendaknya bisa merawat jiwa sosialnya. Marilah kita jadikan Hari guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter.

Selamat Hari Guru Nasional tahun 2018.

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua dalam mengemban kiprah yang mulia ini.


Unduh lampiran :

Surat Edaran Mendikbud wacana Penyelenggaraan Upacara HGN 2018

Pedoman Pelaksanaan Upacara Peringatan HGN 2018

Unduh Pidato Mendikbud HGN 2018 di sini

Unduh Logo HGN 2018:

Logo_HGN2018.pdf

Logo_HGN2018.png

Sumber : Kemdikbud

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel