E-Rapor Sd : Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013

Silabus 8 Kolom beberapa waktu harus dimiliki oleh setiap guru yang melakukan Kurikulum 2013 baik itu yang revisi, 2017, 2018, maupun 2019, namun kini sudah mulai berubah dengan adanya penambahan 1 komponen sehingga menjadi 9 Komponen. Sebenarnya penambahan itu tidak begitu signifikan yaitu kalau yang dahulu masih belum memakai kolom nomor muatan pelajaran kini ditambah 1 kolom nomor mapel, sehingga jumlahnya lengkap menjadi 9 kolom. Hal ini berlaku bagi semua Kelas baik jenjang SD/MI mulai kelas 1, 2, 3, 4, 5,dan 6 juga jenjang SMP/MTS kelas 7, 8, 9 serta jenjang SMA/MA/SMK yaitu kelas 10, 11, 12. Dengan denikian tanpa terkecuali setiap guru wajib merubah dan menginsert 1 komponen semoga menjadi lebih lengkap.

 Kolom beberapa waktu harus dimiliki oleh setiap guru yang melakukan Kurikulum  e-rapor SD :  Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013

Download Format Silabus 9 Komponen Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

Berkaitan dengan ini Admin akan menyebarkan salah satu pola Format berupa file silabus 9 komponen yang terdiri dari berapa nama kolom diantaranya sebagai berikut
1. NOMOR
Merupakan  angka yang bertujuan untuk memberikan berapa jumlah muatan pelajaran yang ada dalam tema tersebut

2. MATA PELAJARAN/ MUATAN PELAJARAN
Di isi dengan nama mapel atau muatan pelajaran yang diubahsuaikan dengan pemetaan KI KD yang ada, sehingga nanti antara PROMES dan SILABUS mata pelajaran dalam setiap Sub tema sama.

3. KOMPETENSI DASAR
Biasanya guru mengisi KD tersebut mengambil dari pemetaan KI KD , alasannya ialah kini memakai KI kD yang diubahsuaikan dengan kurun digital (generasi 4.0) maka selayaknya guru mengisinya memakai Peraturan Menteri (PERMEN) yang gres yang membahas wacana KI KD tersebut yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 37 tahun 2018

4. INDIKATOR
Guru menyusun indikator menyesuaikan dari KD, alasannya ialah indikator tersebut merupakan pembagian terstruktur mengenai dari KD dengan memakai kata kerja operational yang biasanya sudah terintegrasi PPK (Pendidikan huruf Bangsa). Indikator efisiensi ialah sikap yang sanggup diukur atau diamati untuk memberikan pencapaian kompetensi inti tertentu yang tunduk pada penilaian subjek. Indikator dipakai sebagai penanda untuk mencapai kompetensi inti, yang ditandai dengan perubahan sikap terukur yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, modul, dan kemampuan regional dan ditempatkan dalam tindakan operasional yang terukur dan / atau sanggup diamati. Indikator juga dipakai sebagai dasar untuk pengembangan alat penilaian.

5. MATERI PEMBELAJARAN
Berisi wacana materi yang diajarkan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran maupun KI KD yang ada. Ini ialah mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa sebagai sarana untuk mendapat kompetensi inti yang dinilai memakai alat penilaian yang dikembangkan menurut indikator kinerja pembelajaran. Secara umum, materi utama berisi fakta, konsep, prinsip dan mekanisme yang relevan, dan ditulis dalam bentuk hal-hal sesuai dengan perumusan indikator kinerja kompetensi.

6. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berisi aktivitas proses berguru mengajar yang dilakukan guru dalam memberikan materi yang sesuai dengan KD maupun indikator. Belajar ialah aktivitas oleh guru dan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran sanggup berupa pengalaman tatap muka atau pengalaman belajar. Pengalaman berguru yang terlibat sanggup dicapai dengan memakai banyak sekali metode pengajaran yang berpusat pada siswa.

7. PENILAIAN
Diisi dengan beberapa jenis penilaian, baik itu penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan (KI 4) baik tulis maupun lisan, juga penilaian ketrampilan (proyek, portofolio, unjuk kerja, praktik dll). Hasil penilaian dianalisis untuk memilih tindak lanjut. Tindak lanjut sanggup berupa perbaikan pada proses pembelajaran berikut, agenda perbaikan untuk siswa yang kinerjanya kurang dari kriteria penyelesaian, dan agenda pengayaan untuk siswa yang telah memenuhi kriteria penyelesaian.

8. ALOKASI WAKTU
 Berisi wacana berapa jam pelajaran dalam setiap tema. Alokasi ialah waktu yang dibutuhkan untuk mendapat kompetensi. Penentuan distribusi waktu dalam pengembangan kurikulum diubahsuaikan dengan jumlah jam berguru dalam struktur kurikulum selama satu semester atau satu tahun. Penentuan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah ahad efektif dan distribusi waktu subyek per unit. Minggu dengan mempertimbangkan jumlah keterampilan dasar, luasnya bahan, kedalaman, tingkat kesulitan dan pentingnya keterampilan dasar. Distribusi waktu yang termasuk dalam kurikulum ialah asumsi waktu rata-rata untuk menguasai keterampilan dasar yang dibutuhkan siswa yang kompleks dan beragam.

9. SUMBER BELAJAR
 Berisikan wacana media, metode, serta alat dan materi dalam menunjang proses pembelajaran. Sumber berguru ialah referensi, benda atau materi yang dipakai dalam aktivitas pembelajaran. Sumber berguru sanggup dalam bentuk media cetak dan elektronik, para ahli, serta lingkungan fisik, alam, sosial dan budaya. Identifikasi sumber berguru didasarkan pada kriteria kompetensi, kompetensi inti, aktivitas pembelajaran / mata pelajaran / dan indikator pengembangan kompetensi.

Sedangkan Kompetensi Inti letaknya berada di atas bersamaan dengan format di bawah ini
  • Judul Silabus
  • identitas sekolah
  • Tema
  • Sub Tema
  • Kelas
  • Semester


berkaitan hal di atas Admin sengaja ingin menyebarkan file yang berafiliasi dengan silabus 9 kolom yang bisa Anda eksklusif telusuri melalui link tautan di bawah ini
Download Silabus 8 Kolom Kurikulum 2013
Download Silabus Tematik 9 Komponen K13
Bila Anda menghendaki versi yang lainnya (MASIH BELUM 8 KOLOM)
 s/d

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel