Aplikasi Sd: Aplikasi Rkas Dikdasmen Kemdikbud

Pada bulan Oktober Tahun 2018 di grup2 operator sudah banyak yang share tetang aplikasi RKAS yang beralamat url http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id
Namun dikala aku coba buka, belum ada aplikasi ataupun panduan yang sanggup di unduh. Saat di buka websitenya juga masih sulit dan berisi sedikit info RKAS dan link menuju web dapodik.

RKAS merupakan abreviasi dari Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah.

 operator sudah banyak yang share tetang aplikasi RKAS yang beralamat url http Aplikasi SD:  Aplikasi RKAS Dikdasmen Kemdikbud


Berdasarkan Permendiknas No. 19 Tahun 2007 perihal Standar Pengelolaan, setiap sekolah pada semua jenjang pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

RKAS yaitu dokumen yang berisi rencana aktivitas pengembangan sekolah satu tahun ke depan yang disusun menurut RKS untuk mengatasi kesenjangan yang ada antara kenyataan dengan yang diperlukan menuju terpenuhinya SNP.

Setiap sekolah/madrasah harus terus melaksanakan upaya peningkatan mutu pendidikan. Sekolah/madrasah harus berupaya memenuhi SPM, lalu secara sedikit demi sedikit mengarah kepada SNP bahkan kalau sanggup menuju standar di atas SNP. Untuk itu perlu dibangun “budaya mutu” yaitu adanya kesadaran dan akad bersama dari stakeholder sekolah/madrasah untuk senantiasa berusaha meningkatkan mutu. Upaya tersebut perlu dirumuskan dan dituangkan dalam RKS/M, Rencana Kerja Tahunan (RKT), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).


Program peningkatan mutu secara berkelanjutan harus dimulai dengan penilaian diri sekolah/ madrasah, lalu menganalisis kesenjangan, menyusun aktivitas dan kegiatan serta menuangkannya ke dalam RKS/M, RKT, dan RKAS/M.

Selengkapnya https://e-raporsd.blogspot.com/search?q=pengenalan-snp-spm-dan-spmp-dalam

Kembali Ke Aplikasi, biar jikalau sekolah harus mengisi atau memakai aplikasi rkas kemdikbud ini sanggup benar-benar bermanfaat. Sehingga aplikasi tidak hanya menambah beban kerja dan project anggaran belaka namun sanggup efektif dan efisien sehingga mutu pendidikan meningkat.


------------
update

DOWNLOAD PANDUAN APLIKASI RKAS

panduan app rkas https://sites.google.com/site/foldertassd/wa/Buku%20Panduam%20RKAS.pdf

video instal aplikasi memerlukan instruksi aktivasi yang sanggup didapatkan di Dinas Pendidikan


------
update....


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel